Selasa, 22 Oktober 2013

kota makkah



Mekkah atau Makkah al-Mukarramah, Arab: ( مكة المكرمة) atau disingkat dengan Makkah merupakan sebuah kota utama di Arab Saudi. Kota ini menjadi tujuan utama kaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji[1], dimana pada kota ini terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjidil Haram dengan Ka'bah di dalamnya. Dan bangunan Ka'bah ini yang menjadi patokan arah kiblat untuk ibadah salat umat Islam di seluruh dunia. Dan pada kota suci umat Islam ini tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW
Dari aspek geologis, Kota Makkah terletak dalam formasi Perisai Arab yang terbentuk dari bebatuan dasar kuno yang membentuk sebagian pegunungan yang mengelilingi kota. Gunung-gunung ini menutupi sebagian besar Kota Makkah, sisanya ditutupi oleh beberapa lembah. Umumnya, lembah ini mengikuti pergerakan belahan dan rekahan-rekahan yang terjadi pada Perisai Arab ini selama kurun waktu yang sangat lama pada masa lampau.
.  
Masjidil Haram
Masjidil Haram, kadangkala disebut juga dengan Masjid al-Haram ataupun Al-Masjid al-Ḥarām , merupakan masjid yang terletak di Kota Makkah Al Mukharamah, yang dibangun mengelilingi Ka'bah, yang menjadi arah kiblat umat Islam dalam mengerjakan ibadah salat. Selain itu di masjid inilah salah satu rukun ibadah haji yang wajib dilakukan umat Islam yaitu tawaf, mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali.
Sebagai kota suci umat Islam, berdasarkan hukum yang berlaku di Arab Saudi, bagi Non-Muslim tidak diijinkan memasuki kota Mekkah ini



Ka'bah
Ka'bah (Arab: الكعبة) merupakan sebuah bangunan yang mendekati bentuk kubus yang terletak di tengah Masjidil Haram di Kota Mekkah. Bangunan ini adalah monumen suci bagi umat Islam. Dan bangunan ini yang menjadi patokan arah kiblat untuk ibadah salat, bagi umat Islam di seluruh dunia.

Ma'lah yaitu tempat pemakaman isti Rasullah SWA yaitu Siti Khadijah ,keluarga beserta sahabat rasulullah SAW.


Jabal Rahmah

sesuai dengan namanya , bukit yang berada di bagian timur padang arafah ini memiliki arti, jabal berarti gunung rahmah berarti kasih sayang . Kasih sayang tentang apa? Kasih sayang dan cinta dari manusia pertama dan kedua, yakni Adam dan Hawa.Di Jabal Rahmah ini, diyakini mereka kembali bertemu, setelah terpisahkan selama sekitar 400 tahun, Adam dipercaya di turunkan Allah di India, sementara Hawa diturukan di Jeddah.

Masih banyak lagi keindahan-keindahan di kota makkah,sekian dan trimakasih :)
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar